Mendeley merupakan salah satu aplikasi pengelola sitasi (reference manager) yang sedang popular.
Aplikasi tersebut berfungsi mengumpulkan dan mengelola sumber rujukan.
Selanjutnya, Aplikasi tersebut memfasilitasi penggunanya untuk membuat in-text
sitasi dan membuat daftar pustaka secara simultan dengan fasilitas Add
Citation. Mendeley memiliki 2 versi, yakni Online dengan cara mengakses website
Mendeley (http: www.mendeley.com) dan
Offline dengan cara menginstal aplikasi Mendeley pada desktop. Beragam
keunggulan lain Mendeley sebagai berikut: aplikasi Mendeley mampu berbagi
sumber referensi dengan pengguna Mendeley lainnya, aplikasi tersebut mampu
menyimpan file full text pdf beserta metadatanya, dan Mendeley mampu membuat
bibliogafi dan sitasi dengan fasilitas ‘cite
while you write’. Berbagai keunggulan tersebut membuat Mendeley lebih
popular penggunaannya jika dibandingkan penggunaan aplikasi Endnote dan Zotero.
Artikel singkat ini bertujuan memberikan panduan praktis kepada
calon pengguna Mendeley dalam mengoperasikan aplikasi tersebut. Pada
prinsipnya, Mendeley merupakan aplikasi yang fungsional dan mudah dioperasikan.
Terdapat enam langkah sederhana dalam menggunakan Mendeley, yaitu:
Langkah
Pertama : Pembuatan akun Mendeley.
Setiap pengguna Mendeley membutuhkan akun guna mengakses
fitur-fitur pada Aplikasi Mendeley. Apabila calon pengguna belum memiliki akun,
maka pengguna tersebut perlu mengakses http: www.mendeley.com Selanjutnya,
pengguna tersebut perlu mengklik Sign in
dan mengisikan data diri yang
dibutuhkan sebagai prasyarat pembuatan akun Mendeley.
Langkah
Kedua : Penginputan metadata
Metadata adalah data dari suatu sumber yang dirujuk. Data tersebut
meliputi: judul, nama pengarang, doi, alamat url elektronik jurnal atau
elektronik buku. Proses penginputan metadata dapat dilakukan secara elektronis
melalui web importer. Beberapa web importer, seperti: Google Scholar, Google Books,
Medline, Web of Science, Scopus, Amazon, World Cat menyediakan file BibText. Apabila pengguna mengklik ganda file tersebut maka metadata
pada file tersebut akan terekstrak secara otomatis di Mendeley. Alternatif
kedua adalah penginputan secara manual. Pengguna Mendeley perlu mengklik Add
pada pojok kanan atas MyLibrary. Selanjutnya, pengguna perlu mengisi kolom
metadata yang masih kosong.
Langkah
Ketiga : Pembuatan Jejaring Sejawat
(Peer-sharing)
Peer-sharing merupakan salah satu fasilitas yang
disediakan oleh Mendeley. Para peneliti dapat menggunakan fitur tersebut untuk
berbagi informasi ataupun berbagi proyek melalui fitur tersebut. Aktivasi fitur
tersebut tidaklah sesulit dibayangkan. Pertama, klik tombol ‘create new group’ yang
tersedia pada pojok kiri atas ‘Group’. Selanjutnya, pengguna Mendeley perlu
memberikan nama group, menentukan level group, dan mengundang rekan sejawat
untuk bergabung kedalam group tersebut. Terdapat tiga level grup, yaitu: Private merupakan level yang memproteksi akses fulltext dan
catatan. Akses hanya diberikan kepada pembuat grup tersebut; Invite only merupakan level yang
memperbolehkan para anggota grup untuk melihat full text dan catatan. Namun
para anggota grup tidak dapat membagikan file full text; Public merupakan level
yang tidak membatasi akses. Siapapun dapat melihat full text namun mereka tidak
dapat membagikan file tersebut.
Langkah
Keempat : Ekspor dan Import Reference
Aplikasi Mendeley versi desktop menyediakan fitur
ekspor dan import. Fitur import berfungsi untuk mengekstrak metadata dari
aplikasi manajer sitasi lainnya, seperti: EndNote, Reference Manager, Zotero or
BibTex. Aktivasi fitur tersebut dengan cara klik menu File. Selanjutnya, pilih sub menu Import maka file yang diimport akan terekstrak secara otomotis.
Langkah
Kelima : Penambahan file Pdf
Keunggulan Mendeley adalah mengkombinasikan metadata
dan lampiran full text sehingga pengguna dapat membaca langsung file pdf
sembari membuat bibliografinya. Terdapat tiga cara penambahan full text pdf ke
dalam folder My Library. Cara pertama adalah Drag and drop. Pengguna perlu
membuka folder tempat penyimpanan full text pdf. Selanjutnya drag file pdf
tersebut kedalam folder My Library pada aplikasi Mendeley. Cara kedua adalah
Add files. Pengguna perlu mengklik Add files yang terletak pada pojok kiri
atas. Selanjutnya, pilihlah file fulltext dan klik open untuk menambahkan file
tersebut kedalam folder Mu Library pada aplikasi Mendeley. Cara ketiga adalah
Watched Folder. Aplikasi Mendeley versi desktop akan menambahkan full text pdf
yang tersimpan pada computer ketika Mendeley versi desktop tersebut terhubung
secara real time dengan aplikasi Mendeley versi web. Cara aktivasinya adalah
klik sub menu Watch Folder pada menu File.
Langkah
Keenam : Pembuatan Intext
sitasi.
Pengguna dapat membuat intext sitasi dan bibliografi
secara simultan dengan menggunakan pluggins Mendeley yang terinstal pada
Microsoft word. Cara aktivasi plugin tersebut adalah install MS Word plugins
yang terletak di menu Tool pada aplikasi
Mendeley. Selanjutnya, Mendeley
Cite-O-Matic toolbar akan muncul pada menu Reference pada MS Word. Sedangkan
langkah pembuatan intext sitasi sebagai berikut: Pertama, letakkan kursor pada
lembar kerja dokumen pada file MS Word dan klik Insert Citation yang terletak
di menu Reference. Kedua, Telusur sumber rujukan yang hendak dijadikan intext
sitasi pada Mendeley database. Pilih sumber rujukan tersebut dan klik tombol
Cite. Ketiga, letakkan kursor pada
bagian akhir lembar kerja dan klik Insert Bibliography. Keeempat, sesuaikan
format gaya sitasi dengan cara klik More
Styles pada menu References pada MS Word.
Semoga keenam langkah diatas dapat memandu para
pengguna Mendeley dalam menggunakan aplikasi tersebut.
0 comments:
Post a Comment