Poster Gebyar Pustaka Cendana 2012 |
Ingatanku kembali hampir ke sewindu
silam. Tepatnya 2012, penulis bersama dengan tim kreatif menyusun konsep
program marketing perpustakaan bertajuk 'Gebyar Pustaka Cendana'. Apa
latar belakang dan tujuannya? Bagaimana konsep dan implementasinya".
Temukan jawabannya didalam artikel singkat ini.
Antusiasme pemustaka, khususnya pada
Perpustakaan Balai Penelitian Kehutanan Kupang (BPKK) selama kurun waktu Data
statistik kunjungan menunjukkan bahwa pemustaka yang berkunjung keperpustakaan
BPKK sejumlah 70 orang pada bulan Januari 2012, sedangkan pada April jumlah
pengunjung hanya 33 orang. Penurunan tersebut disebabkan berbagai faktor,
diantaranya: volume. Salah satu faktor penyebab yang teridentifikasi
adalah promosi terhadap jenis koleksi dan layanan perpustakaan.
Menyikapi hal tersebut maka tim
kreatif yang terdiri dari pustakawan dan tim pendukung dari seksi Data,
Informasi dan Sarana Penelitian, Balai Litbang Kehutanan Kupang menyusun konsep
promosi perpustakaan dengan tujuan mengenalkan berbagai fasilitas dan layanan
yang dapat dimanfaatkan oleh pemustaka pada perpustakaan cendana. Program
promosi tersebut juga merupakan upaya mendekatkan layanan perpustakaan kepada
pemustaka dilingkup Balai Penelitian Kehutanan Kupang.
Gebyar
Pustaka Cendana merupakan kepanjangan dari GEBrakan anYAR PERPUSTAKAAN CENDANA.
Konsepnya, manajemen perpustakaan cendana berkeinginan mengapresiasi pemustaka
yang rajin berkunjung dan mendayagunakan koleksi serta layanan perpustakaan
Cendana. Bentuk apresiasi berbentuk pemberian merchandiser/souvenir yang
dibutuhkan pemustaka dalam menunjang aktivitas membaca. Konsep pemberian penghargaan
ini berfungsi membina hubungan emosional antara pemustaka dan instansi
pengelola perpustakaan. Sehingga tujuan promosi perpustakaan untuk
merangsang minat pemustaka untuk berkunjung, mendayagunakan koleksi
perpustakaan.dan menumbuhkan kesadaran pemustaka tentang peran dan fungsi
perpustakaan dapat tercapai.
Selama proses penyusunannya, Gebyar
Pustaka Cendana terbagi kedalam 3 fase, meliputi:
A.
Tahap
Persiapan
- Pancangan program gebyar pustaka cendana telah dibahas melalui rapat intern pada medio mei 2012. Hasil rapat tersebut membahas tujuan dan sasaran promosi perpustakaan serta tata cara promosi perpustakaan. Telah ditetapkan bahwa sasaran promosi adalah anggota perpustakaan BPKK yang secara aktif melakukan kunjungan dan melakukan pendayagunaan informasi dengan mengacu pada tatacara yang telah disepakati. Adapun ketentuan promosi sebagai berikut: Kunjungan memiliki poin 1; Peminjaman buku bahasa asing/Inggis memiliki poin 4; Peminjaman Jurnal/Buletin/ Info memiliki poin 3; Peminjaman buku populer memiliki poin 2 dan Peminjaman majalah memiliki poin 1.
- Ketentuan disusun sebagai berikut:
- Pemustaka wajib mengisi buku tamu perpustakaan.
- Jumlah maksimal peminjaman adalah 2 (buah) judul per-transaksi.
- Lama peminjaman maksimal 7 hari kalender. Sedangkan batas minimal pengembalian nya 5 hari terhitung tanggal pinjam.
- Masa berlaku promosi adalah 3 bulan terhitung bulan 1 Juni s/d 31 Agustus 2012.
- Pemustaka yang boleh mengikuti undian adalah pemustaka yang memiliki poin transaksi minimal 115 poin pada akhir periode promosi.
- Pemustaka yang beruntung akan mendapatkan 1 (hadiah) utama berupa Headlamp dan 3 hadiah hiburan berupa Booklite.
- Keputusan panitia tidak dapat diganggu gugat.
- Selanjutnya program tersebut disosialisasikan kepada pemustaka melalui bantuan leaflet serta sosialisasi tatap muka.
B.
Tahap
Pelaksanaan
Sejak dicanangkan pada tanggal 1
Juni sampai berakhirnya periode promosi pada 31 Agustus 2012, Program tersebut
mendapat respon positif dari pemustaka sebagaimana data pada tabel kunjungan
dan sirkulasi dibawah ini:
Tabel 1. Data Pengunjung
Perpustakaan Cendana Tahun 2012
Status
|
Jumlah
Pengunjung Tahun 2012 Per-triwulan
|
Jumlah
|
||||
I
|
II
|
III
|
IV
|
|||
A.
|
Kunjungan
Fisik
|
|||||
1.
|
Mahasiswa/Pelajar
|
3
|
17
|
7
|
5
|
|
2.
|
Karyawan
Badan Litbang
|
74
|
105
|
87
|
82
|
|
3.
|
Karyawan
Dephut
|
0
|
0
|
0
|
0
|
|
4.
|
Institusi
Lainnya
|
0
|
0
|
0
|
0
|
|
B.
|
Kunjungan
lewat web perpustakaan
|
|||||
1.
|
Mahasiswa/Pelajar
|
0
|
0
|
0
|
0
|
|
2.
|
Karyawan
Badan Litbang
|
0
|
0
|
0
|
0
|
|
3.
|
Karyawan
Dephut
|
0
|
0
|
0
|
0
|
|
4.
|
Institusi
Lainnya
|
0
|
0
|
0
|
0
|
|
Jumlah
|
77
orang
|
122
orang
|
94
orang
|
87
orang
|
380
orang
|
Sumber: Buku Tamu, 2012
II. Data Sirkulasi
|
|||||||
No
|
Jumlah Peminjam
|
Buku yang dipinjam
Tahun 2010
|
Buku yang dipinjam
Tahun 2011
|
Buku yang dipinjam
Tahun 2012
|
|||
Judul
|
Eksemplar
|
Judul
|
Eksemplar
|
Judul
|
Eksemplar
|
||
1
|
18 orang
|
30 judul
|
30 eks
|
94 judul
|
94 eks
|
188 judul
|
188 eks
|
Catatan Akhir,
Apabila merujuk pada data statistik
yang ada Gebyar Pustaka Cendana sukses mencapai target dengan tingkat kunjungan
yang meningkat hampir 21 persen. Ditinjau dari perspektif lainnya, program
tersebut perlu dipoles dan perlu ditunjang dengan program lanjutan seperti
layanan bimbingan pemustak. Sebab program promosi perpustakaan sebatas sebagai
proses pengenalan terhadap koleksi, fasilitas dan layanan perpustakaaan.
Sedangkan untuk membangun kesadaran dan kebutuhan pemustaka terhadap
layanan perpustakaan maka program bimbingan pemustaka akan cocok diterapkan.
Semoga informasi singkat ini bermanfaat dan menambah khazanah pengetahuan
tentang contoh penerapan promosi perpustakaan yang telah dilakukan oleh
peprustakaan Cendana pada tahun 2012 silam.***RAH***
0 comments:
Post a Comment